Tuesday, November 11, 2014

Studio Download dan Perkembangan Pendidikan Kewarganegaraan di Amerika (USA). Studio Musik


Study-12-Perkembangan IKN-PKN di Amirika serikat sangat perlu dikaji karena Amerika serikat dinilai merupakan pelopor dari Pengajaran Demokrasi di Sekolah. Dimana kita harus mengetahui tingkat perkembangan dari Civics-Community Civics-Civics Education .

    Civics
            Menurut Numan Somantri istilah civics secara historis pada zaman yunani diartikan sebagai penduduk sipil yang mempraktikan demokrasi langsung dalam "negara kota" Namun di Amerika Serikat civics digunakan sebagai istilah pengajaran demokrasi politik disekolah-sekolah .. Dibedakannya hal tersebut untuk memnerikan identitas kepada pelajaran demokrasi politik yang disebut dengan civics , karena dalam pelajaran civics ini organisasi pelajaranya diorganisir secara psikologis ( Psychologically organizerd ). Ini dimaksudkan agar civics dapat dipahami, dimengerti sesuai dengan tingkat umur pelajaran .. Maka beberapa negara yang demokrasi mendapatkan bayangan akan pembelajaran IKN dan PKn dinegaranya meskipun pada dasarnya konsep dan pedomannya haruslah jangan mengikuti Amerika Serikat karena tidak bisa sama.

    Community Civics
            Dalam pelaksanaannya pengorganisasian civics meskipun sudah diusahakan pengorganisasian secara psikologis tetapi didalam praktek para pendidik merasa tidak puas terhadap penyelenggaraan civics . Sehingga pada tahun 1907 lahir gerakan Community civics sebagai reaksi dari ketidakpuasan terhadap civics yang dipelopori oleh WA Dunn dimaksudkan agar pelajaran civics lebih fungsional bagi siswa. Yaitu dengan memperluas bahannya mencakup lingkungan atau kehidupan sehari-hari dalam hubungannya dengan ruang lingkup lokal maupun internasional ( Community civics ) serta dibicarakan pula prinsip-prinsip ekonomi dalam pemerintahan ( economic civics ), usaha-usaha swasta dan masalah pekerjaan warga negara ( Vocational civics ) .
Karena sebelumnya, civics hanya mempelajari konstitusi dan pemerintahan saja, lingkungan sosial kurang diperhatikan. Sehingga isi civics menurut gerakkan Community civics disamping mempelajari konstitusi dan pemerintahan juga mempelajari tentang:
  Community civics
  Economic civics
  Vocational civics
            Maka melihat isi civics berkembang dari demokrasi politik, menjadi lebih luas cakupannya dengan bertambahnya demokrasi ekonomi dan demokrasi sosial.

    Civics Education
            Civics Education istilah lainnya adalah Citizenship Education . Gerakkan civics education muncul karena pelajaran civics kurang berisikan kebutuhan pelajaran yang berhubungan dengan aspek pendidikan dan kebutuhan masyarakat. Sehingga civic Educations meliputi:
  Berbagai macam kegiatan mengajar yang dapat menimbulkan hidup dan perilaku yang lebih baik dalam masyarakat demokratis.
  Juga meliputi seluruh program sekolah dan pengalaman-pengalaman sekolah untuk melengkapi panangan dari pada fungsinya sebagai warga negara, seperti hak dan kewajiban dan tanggung jawab dalam masyarakat demokratis.
            Menurut Jack Allen, dengan batasan PKN menyangkut seluruh produk program sekolah, dan tentunya bukan semata-mata tugas mata pelajaran civics. Tapi civics memiliki fungsi yang sangat penting untuk melakukan hal itu. Civics memberikan pengalaman pertama kalinya bagi kaula muda yang beranjak dewasa disekolahnya tentang pandangan yang lengkap tentang fungsi kewarganegaraan, seperti hak dan kewajiban dan tanggung jawabnya dalam konteks demokratis. Pada tahun 1971 dipertegas lagi bahwa bahan civics education meliputi pengaruh positif dari:
  Pendidikan sekolah,
  Pendidikan dirumah ( Parental influence ),
  Pendidikan dimasyarakat ( learning outside the class room and the home )

    Proses Pertumbuhan Civic Education

            Perkembangan civic education di Amerika Serikat yang berkembang tidak terbatas pada bahannya agar lebih fungsional, tetapi tujuannya lebih ditekankan pada menyiapkan warga negara dalam masyarakat demokratis. PKN (civics education) merupakan pengembangan dari IKN (civics). Sehingga sering disebut dengan civics plus. PKN (Civics education) merupakan pengembangan dari civics yang materinya telah diperluas oleh gerakkan community civics sebagai konsekuensinya civic educaion mengambil bahan dari civic memberikan kontribusi dalam memberikan informasi yang memadai tentang demokrasi dan gambaran profil warganegara yang baik (demokrasi) dan juga mengambil bahan yang beraspek pendidikan untuk membangun dan mengembangkan warga negara yang demokratis. Civic education lebih menenkan pada orientasi yang bersifat terapan atau menganologikan dari istilah .. Di Amerika Serikat PKN dibanyak negara bagian mengajarkan konstitusi Amerika, sejarah Amerika, Pemerintahan Amerika, penghormatan bendera, wilayah negara, patriotisme, prinsi- prinsip representasi, kewajiban warga negara, demokrasi, pemilihan umum, partai politik, dan prinsip-prinsip ekonomi.
Topik yang disajikan di AS (Suparlan dan Suparman, 1990: 1) di Negara bagian meliputi Konstitusi Amerika, Sejarah Amerika, Pemerintahan Amerika, Bendera Amerika, Wilayah Negara, Patriotisme, Prinsip Perwakilan, Kewajiban Warga Negara, Demokrasi, Pemilu Parpol, Prinsip Ekonomi.
Civic diambil dari ilmu politik kemudian ditambahkan dengan program pendidikan menjadi civic education (PKN)
PKN meliputi ilmu-sosial etika agama, tekhnologi, science, posittif influence masyarakat, informal content, konstitusional. PKN juga mengandung masalah psikologi pendidikan: teori mengajar proses berpikir, motifasi, transfer perseption, aquiring skill conzep generalitation, afektivelearnimg, personality and adjustment.


Artikel Terkait

Studio Download dan Perkembangan Pendidikan Kewarganegaraan di Amerika (USA). Studio Musik
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email