Saturday, May 10, 2014

Studio Download dan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Studio Musik

Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial seringkali dikaitkan dengan hal yang tumpang tindih (Overlapping). Istilah IPS dikenal di Indonesia mulai tahun 1970-an dan secara formal mulai digunakan dengan sistem pendidikan nasional pada kurikulum 1975. IPS bersifat terpadu dari sejumlah mata pelajaran, hal itu juga disesuaikan dengan lingkungan karakteristik, dan kebutuhan peserta didik. 
Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (PIPS) merupak mata kuliah yang diberikan di tingkat universitas atau kampus, terutama kepada mahasiswa Program Studi Pendidikan yang sudah mengikuti dan lulus mata kuliah Pendidikan Ilmu Sosial (PIS). Istilah asing untuk menyebutkan PIPS antara lain: Social Studies, Social Education, Social Studies Education, Social Science Educataion, Citizensip Education, Studies of Society and Environment (Supriyadi, 2009:8)
Definisi IPS yaitu Penyederhanaan dari berbagai ilmu-ilmu sosial diolah secara ilmiah untuk tujuan pendidikan. Sedangkan PIPS adalah seleksi dari ilmu-ilmu sosial dan humaniora serta kegiatan dasar manusia yang diorganisasikan dan disajikan secara ilmiah dan psikologis untuk pendidikan (Numan Sumantri, 2001:92)

Artikel Terkait

Studio Download dan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Studio Musik
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email