Tuesday, June 16, 2015

Studio Tempat Lirik Lagu dan Terjemahan Lagu Let it Go - Demi Lovato. Studio Musik

terjemahan lagu barat, lirikwesternindo
Let it Go adalah single untuk film animasi keluaran Disney yang berjudul Frozen. Lagu ini dinyanyikan oleh aktris dan penyanyi Demi Lovato untuk versi pop-nya. Prestasi single ini termasuk  bagus, masuk dalam  5 besar chart Billboard Hot 100 dan memenangkan Grammy untuk kategori Best Original Song tahun 2014 dan kategori Best Song Written for Visual Media pada tahun 2015. Terjual sebanyak 10,9 juta kopi di tahun 2014, menjadikan single ini sebagai salah satu single dengan penjualan terbaik sepanjang masa.
Nah oke sobat itu dia sedikit ulasan singlenya, dan kemudian bagi sobat yang belum punya singlenya silahkan men-
dowloadnya di download lagu let it go  Lirik dan terjemahan berikut di bawah.


Let It Go - Demi Lovato
biarkan berlalu

Let it go, let it go
biarkan berlalu, biarkan berlalu

Can't hold it back anymore
tak dapat kutahankan lagi

Let it go, let it go
biarkan semua pergi, biarkan semua pergi

Turn my back and slam the door
kubalikkan punggungku dan kubanting pintu

The snow glows white on the mountain tonight,
salju berkilau putih di gunung malam ini

Not a footprint to be seen.
bukanlah sebuah jejak jika tidak terlihat

A kingdom of isolation and it looks like I'm the queen.
sebuah kerajaan tertutup dan bagai akulah ratunya

The wind is howling like this swirling storm inside.
angin berputar kencang bagai ada gulungan badai di dalamnya

Couldn't keep it in, Heaven knows I tried.
tak dapat aku menahan semua ini, langitpun tahu aku sudah mencoba

Don't let them in, don't let them see,
jangan biarkan mereka masuk, jangan biarkan mereka melihatnya

Be the good girl you always have to be.
jadilah gadis baik seperti semula dirimu

Conceal, don't feel, don't let them know.
sembunyikan, jangan rasakan, jangan biarkan mereka tahu

Well, now they know.
dan, sekarang mereka tahu

Let it go, let it go

Can't hold it back anymore

Let it go, let it go

Turn my back and slam the door

And here I stand and here I'll stay
di sini aku berdiri, dan di sini aku akan tinggal

Let it go, let it go

The cold never bothered me anyway
bagaimanapun hawa dingin ini tidak akan menggangguku

It's funny how some distance makes everything seem small
lucu membayangkan bagaimana jarak bisa membuat semua ini terlihat kecil

And the fears that once controlled me can't get to me at all.
dan rasa takut yang dulu mengendalikan diriku takan bisa masuk kedalam diriku lagi

Up here in the cold thin air I finally can breathe.
di sini di udara yang tipis dan dingin akhirnya aku bisa bernafas

I know I left a life behind but I'm too relieved to grieve.
ku tahu bahwa aku telah meninggalkan hidupku yang dulu, tapi aku terlalu terbawa jauh dengan penderitaan

Let it go, let it go

Can't hold it back anymore

Let it go, let it go

Turn my back and slam the door

And here I stand, and here I'll stay

Let it go, let it go

The cold never bothered me anyway

Standing frozen
berdiri kaku

In the life I've chosen.
dalam hidup yang telah aku pilih

You won't find me.
kau tidak menemukan aku

The past is all behind me
semua masa lalu sudah ada di belakangku

Buried in the snow.
terkubur dalam salju

Let it go, let it go

Can't hold it back anymore

Let it go, let it go

Turn my back and slam the door

And here I stand, and here I'll stay

Let it go, let it go

The cold never bothered me anyway, yeah, whoa

(Na na, na na, na na na na na) [x4]

Let it go yeah

Na, na.

Here I stand.
di sini aku berdiri

Let it go, let it go, oh

Let it go.

lirik bahasa inggris: http://www.azlyrics.com/lyrics/demilovato/letitgo.html
interpretasi bahasa: Admin

Sunday, June 14, 2015

Studio Tempat Lirik Lagu dan Terjemahan Lagu You Belong with Me - Taylor Swift. Studio Musik

terjemahan lagu barat, lirikwesternindo
Single oleh Taylor Swift
Taylor Swift - You Belong with Me adalah single keluaran 18 April 2009, masuk dalam kumpulan single album Fearless-nya Taylor Swift yang direkam oleh Big Machine dan Universal Republic pada tahun yang sama. Dengan mengusung genre country pop, single ini terasa ringan dan enak didengar.
Single You Belong with Me mendapat 6x platinum award dari Asosiasi Industri Musik Amerika (RIAA), dengan perhitungan menjadi salah satu single yang paling sukses dengan penjualan 5.1 juta unit di seluruh dunia. Single ini menduduki posisi chart Billboard Hot 100 dan juga mendapat nominasi grammy award di kategori Song of the Year, Record of the Year, Best Female Pop Vocal Performance. Oke sobat itu sedikit info tentang single nya, silahkan bagi sobat ingin men-
download lagu You Belong with Me dan berikut arti liriknya.

You Belong With Me
kau ada untukku

You're on the phone with your girlfriend
kau sedang menelepon pacarmu

She's upset, she's going off about something that you said
dia bingung, dia tidak mengerti dengan semua yang kau ucapkan

'Cause she doesn't get your humor like I do.
karena dia tidak punya humor dirimu, seperti yang aku punya

I'm in the room, it's a typical Tuesday night.
aku sedang di kamar, ini seperti hari selasa yang biasa

I'm listening to the kind of music she doesn't like.
aku sedang mendengarkan musik yang tidak disukai olehnya

And she'll never know your story like I do.
dan dia tidak akan tahu kisah dirimu, seperti kisah yang aku tahu

But she wears short skirts
tapi dia memakai rok mini

I wear t-shirts
aku memakai kaos

She's cheer captain
dia sekelas kapten

And I'm on the bleachers
aku sekelas bawahan

Dreaming about the day when you wake up and find
bermimpi suatu hari nanti saat kau terbangun dan kau tahu

That what you're looking for has been here the whole time.
bahwa semua yang kau cari ada di sini dari sejak dulu

If you could see
jika kau bisa mengerti

That I'm the one
bahwa aku adalah satu-satunya

Who understands you.
yang mengerti dirimu

Been here all along.
telah lama aku di sini

So, why can't you see
jadi, kenapa kau tidak melihatnya

You belong with me,
kau adalah milikkku

You belong with me.
kau adalah milikku

Walk in the streets with you in your worn out jeans
berjalan denganmu di jalan ini dengan celana jeans mu yang lusuh

I can't help thinking this is how it ought to be.
tidak aku tahu apakah memang begini seharusnya

Laughing on a park bench thinking to myself,
tertawa sendiri di bangku taman memikirkan diriku

"Hey, isn't this easy?
hey, semua tidak semudah ini?

And you've got a smile
dan kau tersenyum

That could light up this whole town.
yang seakan bisa menerangi seluruh kota

I haven't seen it in a while
yang belum pernah aku lihat sebelumnya

Since she brought you down.
sejak dia membawamu pergi

You say you're fine I know you better than that.
dirimu berkata, kau baik-baik saja aku tahu kau bisa lebih baik dari itu

Hey, what you doing with a girl like that?
hey, apa yang bisa kau lakukan dengan gadis seperti itu

She wears high heels,
dia pakai hak tinggi

I wear sneakers.
aku pakai sepatu biasa


She's cheer captain,

And I'm on the bleachers.

Dreaming about the day when you wake up and find

That what you're looking for has been here the whole time.

If you could see
jika kau bisa mengerti

That I'm the one
bahwa akulah satu-satunya

Who understands you,

Been here all along.

So, why can't you see

You belong with me.

Standing by and waiting at your backdoor.
berdiri menunggu di pintu belakangmu

All this time how could you not know, baby?
setelah selama ini bagaimana mungkin kau tidak tahu, sayang

You belong with me,

You belong with me.

[Instrumental]

Oh, I remember you driving to my house
Oh, aku ingat saat kau mengantarkan aku pulang

In the middle of the night.
di tengah malam

I'm the one who makes you laugh
aku adalah satu-satunya yang membuatmu tertawa

When you know you're 'bout to cry.
disaat kau akan menangis

I know your favorite songs,
aku tahu lagu favoritmu

And you tell me about your dreams.
dan kau ceritakan padaku tentang keinginanmu/mimpimu

Think I know where you belong,
kurasa aku tahu kau milik siapa

Think I know it's with me.
kurasa aku tahu, itu adalah aku

Can't you see

That I'm the one

Who understands you?

Been here all along.

So, why can't you see

You belong with me.

Standing by and waiting at your backdoor.
standby dan menunggu di pintu belakangmu

All this time how could you not know, baby?
setelah selama ini bagaimana mungkin kau tidak tahu, sayang?

You belong with me,

You belong with me.

You belong with me.

Have you ever thought just maybe
pernahkah kau berpikir mungkin saja

You belong with me?
kau adalah milikku

You belong with me.
kau adalah untukku


lirik bahasa inggris di: http://www.azlyrics.com/lyrics/taylorswift/youbelongwithme.html
Writer(s): Liz Rose, Taylor Swift
Copyright: Sony/ATV Tree Publishing, Taylor Swift Music, Orbison Music LLC, Wagnerville Music, Warnertamerlane Publishing Corp.
Interpreted by: Makria

Friday, June 12, 2015

Studio Download dan Paper tentang Permasalahan Sosial. Studio Musik

Studio Download dan Paper tentang Permasalahan Sosial. Studio Musik

�Pengaruh Permasalahan Sosial dan Lingkungan terhadap Stabilitas dan Dinamika Masyarakat Indonesia: Pengaruh modernisasi dan liberalisme terhadap kehidupan masyarakat muslim di Indonesia�
Oleh : Zaenul Stiyawan
Abstrak
Modernisasi di Indonesia adalah salah satu dampak dari arus globalisasi yang saat ini telah menyebar di seluruh dunia. Salah satu dampak negatifnya adalah masuknya berbagai paham ideologi yang kurang tepat dengan budaya indonesia, salah satunya adalah paham liberal yang saat ini secara tidak sadar telah banyak merongrong jati diri bangsa Indonesia. Indonesia adalah negara plural yang memiliki jumlah penduduk muslim terbesar didunia. Idealnya sebagai negara yang di dominasi oleh masyarakat muslim, akan menolak ideologi liberal yang menuntut kebebasan sebebas-bebasnya kepada setiap individu. Sebab muslim sangat menjunjung tingi nilai gotong royong dan kebersamaan. Bukti nyata pengaruh paham liberal adalah berkembangya jaringan islam liberal yang di Indonesia. Hal ini tentunya perlu dikaji lebih mendalam agar diketahui secara jelas pengaruh liberalisme di Indonesia terutama terhadap perkembangan Agama islam.
Kata kunci : modernisasi, liberalisme, Islam
abstract
Modernization inIndonesia is one of the effects of globalization, which has been spread around the world. One of the negative impacts is the inclusion of various understandings of ideology is less precise with Indonesian culture, one of which is liberalism that is now inadvertentlyundermined many Indonesiannational identity. Indonesia is a pluralistic countrywhich has the largest Muslim population in the world. Ideally, as the country is dominated by the Muslim community, will reject the liberalideology that demands freedom freely to each individual. Because Muslimsare very respecting the values ??of mutual cooperation and togetherness. The real proof is the influence ofthe liberal network berkembangya liberal Islamin Indonesia. This of course needs to be studied more in depth in order to know clearlythe influence of liberalism in Indonesia, especially on the development of the Islamic religion.

Keywords: modernization, liberalism, Islam


BAB 1
PENDAHULUAN
    A.   LATAR BELAKANG

Dewasa ini banyak permasalahan sosial yang timbul akibat modernisasi yang berkembang di Indonesia. Indonesia sebagai negara berkembang yang menuju kepada negara maju tentunya mengalami masa transisi dimana berbagai macam permasalahan muncul di tengah-tengah modernisasi tersebut. Salah satunya adalah masalah ketidaksiapan mental masyarakat Indonesia yang cenderung mengadopsi secara mentah budaya-budaya yang tidak sesuai dengan budaya Indonesia. Salah satu permasalahan yang muncul akibat modernisasi adalah pengaruh paham liberal yang dibawa oleh orang-orang barat dan memengaruhi kehidupan masyarakat diberbagai bidang kehidupan. Masyarakat indonesia yang didominasi oleh penduduk muslim idealnya menolak masuknya paham liberal di Indonesia. Namun tidak bisa dipungkiri bahwa untuk membendung pengaruh paham liberal bukanlah perkara yang mudah mengingat kemajuan teknologi yang luar biasa. Sebab demikian, masyarakat muslim di Indonesiapun tanpa disadari telah banyak menerapkan kebiasaan-kebiasaan paham liberal dalam kehidupan sehari-hari. Contoh : ketika lebaran, budaya saling berkunjung dan memberi makanan mulai luntur, justru kebanyakan masyarakat ketika lebaran bersaing untuk memamerkan baju atau perhiasan mereka. Itu artinya budaya bergotong royong dan kekeluargaan di Indonesia sudah mulai tergerus sedikit demi sedikit oleh liberalisasi yang terjadi di Indonesia. Yang terjadi saat ini masyarakat Muslim hanya bersaing dan bersaing untuk kesejahteraan masing-masing. Hal ini disebabkan kurangnya kesiapan mental masyarakat muslim terhadap paham baru yang muncul dalam kehidupan bermasyarakat. Hal ini semakin hari tanpa disadari masyarakat muslim akan berkiblat pada paham liberal. Maka dari itulah disusun paper mengenai �Pengaruh Pengaruh liberalisme terhadap kehidupan masyarakat muslim di Indonesia�.

BAB II
PEMBAHASAN
A. KONSEP MODERNISASI
Konsep modernisasi dalam arti khusus yang di sepakati teoritisi modernisasi di tahun 1950-an dan tahun 1960-an, didefinisikan dalam tiga cara : historis, relatif, dan analisis.
Menurut teori historis, modernisasi sama dengan westernisasi atau amerikanisasi. Eisenstadt mengatakan : � secara historis modernisasi adalah proses perubahan menuju tipe sistem sosial, ekonomi, dan politik yang telah maju di eropa barat dan amerika utara dari abad ke-17 hingga 19 dan kemudian menyebar ke negara eropa lain dan dari abad ke-19 dan ke-20 kenegara Amerika selatan sampai Asia.� Menurut pengertian relatif, modernisasi berarti upaya yang bertujuan untuk menyamai standar yang dianggap modern baik oleh rakyat banyak maupun elite penguasa. Definisi analisis lebih melukiskan masyarakat modern dengan maksud untuk ditanamkan dalam masyarakat tradisional atau pra-modern. (piotr Sztompka, Sosiologi perubahan sosial, 2007 hal : 152-153).
Modernisasi merupakan wujud dari proses perubahan sosial yang didalamnya membawa ideologi-ideologi modern termasuk ideologi liberal. Hal ini berkaitan dengan konsep dasar perubahan sosial yaitu : 
a. Perbedaan
b. Pada waktu berbeda 
c. Di antara sistem sosial yang sama
(piotr Sztompka, Sosiologi perubahan sosial, 2007 hal : 2)
Konsep dasar tersebut jika dikaitkan dengan modernisasi maka perbedaan antara zaman sekarang dan zaman lampau jelas menonjol terutama dibidang ilmu dan teknologi. Dengan adanya perbedaan ilmu dan teknologi maka akan mendorong terjadinya perubahan sosial. Selanjutnya pada waktu yang berbeda, artinya perubahan sosial tidak mungkin terjadi secara instan pada waktu yang sama. Lalu di antara sistem sosial yang sama artinya sistem sosial yang berlaku dimasyarakat tetap berlaku sama(peradaban yang sama).

B. AGAMA, MODERNITAS, LIBERALISME, DAN ISLAM 
Setiap analis tentang kaitan antara agama dan modernitas dilihat dari sudut pandang agama, cenderung bersifat apologis. Sikap apologis itu dalam urusan umum sering menempatkan agama tidak ada bedanyaseperti menmpatkan agama sebagai suatu alat untuk membenarkan semua perilaku kemodernan di satu pihak, atau bahkan di lain pihak menganggap agama sebagai �palu godam � untuk mengutuk apa saja yang berbau modern. Kedua sikap ini sangat merendahkan agama serta sekaligus memantulkan kesan ketidakberdayaan agama dalam menghadapi gelombang besar transformasi yang menyertai peradaban modern.dilihat dari perspektif islam terjadinya aliensi sebagai bagian dari modernitas sebagai sesuatu yang tidak terpisahkan merupakan sesuatu yang wajar ( ishomuddin, pengantar sosiologi Agama, 2002, hal: 78).
Arus Modernitas juga membawa berbagai paham ideologi di dalamnya salah satunya paham Liberalisme atau Liberal adalah sebuah ideologi, pandangan filsafat, dan tradisi politik yang didasarkan pada pemahaman bahwa kebebasan dan persamaan hak adalah nilai politik yang utama.
Pada masa abbasiyyah, liberalisme juga muncul dinegara islam. Maka dari itu pastiya ada perbedaan, antara liberalisme di Indonesia dan pada masa abbasiyyah. Secara umum, liberalisme mencita-citakan suatu masyarakat yang bebas, dicirikan oleh kebebasan berpikir bagi para individu. Paham liberalisme menolak adanya pembatasan, khususnya dari pemerintah dan agama.
Dalam masyarakat modern, liberalisme akan dapat tumbuh dalam sistem demokrasi, hal ini dikarenakan keduanya sama-sama mendasarkan kebebasan mayoritas.
1. Pokok-pokok Liberalisme
Ada tiga hal yang mendasar dari Ideolog Liberalisme yakni Kehidupan, Kebebasan dan Hak Milik (Life, Liberty and Property). Dibawah ini, adalah nilai-nilai pokok yang bersumber dari tiga nilai dasar Liberalisme tadi yaitu:
Pertama, Kesempatan yang sama. (Hold the Basic Equality of All Human Being). Bahwa manusia mempunyai kesempatan yang sama, di dalam segala bidang kehidupan baik politik, sosial, ekonomi dan kebudayaan.  Namun karena kualitas manusia yang berbeda-beda, sehingga dalam menggunakan persamaan kesempatan itu akan berlainan tergantung kepada kemampuannya masing-masing. Terlepas dari itu semua, hal ini (persamaan kesempatan) adalah suatu nilai yang mutlak dari demokrasi.
Dengan adanya pengakuan terhadap persamaan manusia, dimana setiap orang mempunyai hak yang sama untuk mengemukakan pendapatnya, maka dalam setiap penyelesaian masalah-masalah yang dihadapi baik dalam kehidupan politik, sosial, ekonomi, kebudayaan dan kenegaraan dilakukan secara diskusi dan dilaksanakan dengan persetujuan � dimana hal ini sangat penting untuk menghilangkan egoisme individu.( Treat the Others Reason Equally).
Pemerintah harus mendapat persetujuan dari yang diperintah. Pemerintah tidak boleh bertindak menurut kehendaknya sendiri, tetapi harus bertindak menurut kehendak rakyat.(Government by the Consent of The People or The Governed)
Kedua, Berjalannya hukum (The Rule of Law). Fungsi Negara adalah untuk membela dan mengabdi pada rakyat. Terhadap hal asasi manusia yang merupakan hukum abadi dimana seluruh peraturan atau hukum dibuat oleh pemerintah adalah untuk melindungi dan mempertahankannya. Maka untuk menciptakan rule of law, harus ada patokan terhadap hukum tertinggi (Undang-undang), persamaan dimuka umum, dan persamaan sosial. Yang menjadi pemusatan kepentingan adalah individu.(The Emphasis of Individual). Negara hanyalah alat (The State is Instrument). Negara itu sebagai suatu mekanisme yang digunakan untuk tujuan-tujuan yang lebih besar dibandingkan negara itu sendiri. Di dalam ajaran Liberal Klasik, ditekankan bahwa masyarakat pada dasarnya dianggap, dapat memenuhi dirinya sendiri, dan negara hanyalah merupakan suatu langkah saja ketika usaha yang secara sukarela masyarakat telah mengalami kegagalan.
Dalam liberalisme tidak dapat menerima ajaran dogmatisme (Refuse Dogatism). Hal ini disebabkan karena pandangan filsafat dari John Locke (1632 � 1704) yang menyatakan bahwa semua pengetahuan itu didasarkan pada pengalaman. Dalam pandangan ini, kebenaran itu adalah berubah.
2. Dua Masa Liberalisme
Liberalisme adalah sebuah ideologi yang mengagungkan kebebasan.  Ada dua macam Liberalisme, yakni Liberalisme Klasik dan Liberallisme Modern. Liberalisme Klasik timbul pada awal abad ke 16. Sedangkan Liberalisme Modern mulai muncul sejak abad ke-20. Namun, bukan berarti setelah ada Liberalisme Modern, Liberalisme Klasik akan hilang begitu saja atau tergantikan oleh Liberalisme Modern, karena hingga kini, nilai-nilai dari Liberalisme Klasik itu masih ada. Liberalisme Modern tidak mengubah hal-hal yang mendasar ; hanya mengubah hal-hal lainnya atau dengan kata lain, nilai intinya (core values) tidak berubah hanya ada tambahan-tanbahan saja dalam versi yang baru. Jadi sesungguhnya, masa Liberalisme Klasik itu tidak pernah berakhir
Dalam Liberalisme Klasik, keberadaan individu dan kebebasannya sangatlah diagungkan. Setiap individu memiliki kebebasan berpikir masing-masing � yang akan menghasilkan paham baru. Ada dua paham, yakni demokrasi (politik) dan kapitalisme (ekonomi). Meskipun begitu, bukan berarti kebebasan yang dimiliki individu itu adalah kebebasan yang mutlak, karena kebebasan itu adalah kebebasan yang harus dipertanggungjawabkan. Jadi, tetap ada keteraturan di dalam ideologi ini, atau dengan kata lain, bukan bebas yang sebebas-bebasnya.
3. Pemikiran Tokoh Klasik dalam Kelahiran dan Perkembangan Liberalisme Klasik
Tokoh yang memengaruhi paham Liberalisme Klasik cukup banyak � baik itu dari awal maupun sampai taraf perkembangannya. Berikut ini akan dijelaskan mengenai pandangan yang relevan dari tokoh-tokoh terkait mengenai Liberalisme Klasik.
A. Martin Luther dalam Reformasi Agama
Gerakan Reformasi Gereja pada awalnya hanyalah serangkaian protes kaum bangsawan dan penguasa Jerman terhadap kekuasaan imperium Katolik Roma.  Pada saat itu keberadaan agama sangat mengekang individu. Tidak ada kebebasan, yang ada hanyalah dogma-dogma agama serta dominasi gereja. Pada perkembangan berikutnya, dominasi gereja dirasa sangat menyimpang dari otoritasnya semula.  Individu menjadi tidak berkembang, kerena mereka tidak boleh melakukan hal-hal yang dilarang oleh Gereja bahkan dalam mencari penemuan ilmu pengetahuan sekalipun. Kemudian timbullah kritik dari beberapa pihak � misalnya saja kritik oleh Marthin Luther; seperti : adanya komersialisasi agama dan ketergantungan umat terhadap para pemuka agama, sehingga menyebabkan manusia menjadi tidak berkembang; yang berdampak luas, sehingga pada puncaknya timbul sebuah reformasi gereja (1517) yang menyulut kebebasan dari para individu yang tadinya �terkekang�.
B. John Locke dan Hobbes; konsep State of Nature yang berbeda
Kedua tokoh ini berangkat dari sebuah konsep sama. Yakni sebuah konsep yang dinamakan konsep negara alamaiah" atau yang lebih dikenal dengan konsep State of Nature. Namun dalam perkembangannya, kedua pemikir ini memiliki pemikiran yang sama sekali bertolak belakang satu sama lainnya. Jika ditinjau dari awal, konsepsi State of Nature yang mereka pahami itu sesungguhnya berbeda. Hobbes (1588 � 1679) berpandangan bahwa dalam ��State of Nature��, individu itu pada dasarnya jelek (egois) � sesuai dengan fitrahnya. Namun, manusia ingin hidup damai. Oleh karena itu mereka membentuk suatu masyarakat baru � suatu masyarakat politik yang terkumpul untuk membuat perjanjian demi melindungi hak-haknya dari individu lain dimana perjanjian ini memerlukan pihak ketiga (penguasa). 
Sedangkan John Locke (1632 � 1704) berpendapat bahwa individu pada State of Nature adalah baik, namun karena adanya kesenjangan akibat harta atau kekayaan, maka khawatir jika hak individu akan diambil oleh orang lain sehingga mereka membuat perjanjian yang diserahkan oleh penguasa sebagai pihak penengah namun harus ada syarat bagi penguasa sehingga tidak seperti �membeli kucing dalam karung�. Sehingga, mereka memiliki bentuk akhir dari sebuah penguasa/ pihak ketiga (Negara), dimana Hobbes berpendapat akan timbul Negara Monarkhi Absolute sedangkan Locke, Monarkhi Konstitusional. 
Bertolak dari kesemua hal tersebut, kedua pemikir ini sama-sama menyumbangkan pemikiran mereka dalam konsepsi individualisme. Inti dari terbentuknya Negara, menurut Hobbes adalah demi kepentingan umum (masing-masing individu) meskipun baik atau tidaknya Negara itu kedepannya tergantung pemimpin negara. Sedangkan Locke berpendapat, keberadaan Negara itu akan dibatasi oleh individu sehingga kekuasaan Negara menjadi terbatas � hanya sebagai �penjaga malam� atau hanya bertindak sebagai penetralisasi konflik.
C. Adam Smith
Para ahli ekonomi dunia menilai bahwa pemikiran mahzab ekonomi klasik merupakan dasar sistem ekonomi kapitalis. Menurut Sumitro Djojohadikusumo, haluan pandangan yang mendasari seluruh pemikiran mahzab klasik mengenai masalah ekonomi dan politik bersumber pada falsafah tentang tata susunan masyarakat yang sebaiknya dan seyogyanya didasarkan atas hukum alam yang secara wajar berlaku dalam kehidupan masyarakat. Salah satu pemikir ekonomi klasik adalah Adam Smith (1723-1790). Pemikiran Adam Smith mengenai politik dan ekonomi yang sangat luas, oleh Sumitro Djojohadikusumo dirangkum menjadi tiga kelompok pemikiran. 
Pertama, haluan pandangan Adam Smith tidak terlepas dari falsafah politik, kedua, perhatian yang ditujukan pada identifikasi tentang faktor-faktor apa dan kekuatan-kekuatan yang manakah yang menentukan nilai dan harga barang. Ketiga, pola, sifat, dan arah kebijaksanaan negara yang mendukung kegiatan ekonomi ke arah kemajuan dan kesejahteraan mesyarakat. Singkatnya, segala kekuatan ekonomi seharusnya diatur oleh kekuatan pasar dimana kedudukan manusia sebagai individulah yang diutamakan, begitu pula dalam politik.
4. Liberalisme di Indonesia dan pengaruhnya terhadap Islam di Indonesia
Banyak orang menyangka, Jaringan Islam liberal muncul belakangan ini akibat kemunculan kelompok-kelompok Islam fundamentalis di Indonesia. Buktinya, ketika pemerintah Orde Baru masih berkuasa, belum ada Jaringan Islam Liberal. Demikian pula dengan kelompok-kelompok Islam fundamentalis, pada waktu itu belum menjamur atau, katakanlah, belum muncul dan tersebar seperti sekarang ini.
Jika dicermati, anggapan itu, ternyata, tidak sepenuhnya benar dan tidak sepenuhnya pula salah. Dalam sejarah, pemikiran Islam liberal, kalau istilah ini bisa dan boleh dipakai, selalu muncul sebagai reaksi atas kemunculan pemikiran Islam fundamentalis. Semakin menjamur kelompok-kelompok Islam fundamentalis, semakin kuat pula dorongan untuk mengorganisasikan jejaring Islam liberal.Menariknya, seolah-olah kemunculan Islam liberal di Indonesia terjadi setelah adanya persentuhan secara intens dengan Barat dan demokrasi yang ada di sana, sedangkan Islam fundamentalis muncul di Indonesia setelah terjadi persentuhan dengan Arab dan puritanisme di sana. Artinya, kemunculan masing-masing disebabkan oleh pengaruh yang datang dari luar, bukan dua hal yang murni dari Indonesia. 
Dalam satu resensi terhadap buku Wajah Liberal Islam Di Indonesia (Teater Utan Kayu dan Jaringan Islam Liberal, Jakarta, 2002), Daniel Lev, salah seorang pengamat Indonesia mengatakan, ada beberapa sebab di balik kemunculan pandangan Islam liberal di Indonesia di awal milenium kedua ini dan sulit untuk menjawab kenapa sekarang. Yang jelas, kemunculan yang dimaksud adalah hasil rangkaian panjang pergulatan pemikiran Islam di Indonesia. Sebab-sebab pendorong  kemunculan itu pun tergolong ke dalam �kebetulan-kebetulan sejarah� yang sulit untuk diprediksi.
Kordinator Jaringan Islam Liberal, Ulil Abshar Abdalla, ketika diwawancarai Tempo terkait tulisan-tulisannya tentang wacana Islam liberal di media-media massa, mengakui, pemikiran dan kritiknya selama ini ditujukannya kepada kelompok-kelompok Islam radikal di Indonesia. Sebagaimana kita ketahui, radikalisme Islam di Indonesia mulai bangkit ketika reformasi digulirkan pada 1998 yang lalu. Sejak saat itu, kelompok-kelompok Islam radikal bermunculan. Masing-masing menyeru agar umat Islam di Indonesia menegakkan syariat Islam. Oleh sebagian orang, mereka disebut dengan Islam fundamentalis.
Albert Hourani adalah salah seorang pengajar di Oxford�s Middle East Centre. Ia banyak mengkaji dan menulis tentang Timur Tengah. Ketika menulis Arabic Thought in the Liberal Age 1798 � 1939, ia menegaskan, dalam masyarakat Arab era liberal pernah muncul dan hidup selama beberapa waktu, sebelum kemudian tenggelam dan mengalami pertempuran sengit yang tak selesai-selesai sampai sekarang.
Pemikiran-pemikiran Islam yang liberal, menurutnya, didorong pertama kali pada tahun 1798. Tahun ini adalah tahun ketika pasukan Napoleon Bonaparte menginjakkan kaki di Mesir. Dunia Arab kemudian menyaksikan era liberal yang ditandai dengan berkembangnya respon yang positif terhadap kemajuan Barat. Indutrialisasi, rasionalisasi, dan modernisasi adalah pilar-pilar kehidupan Barat yang menjadi perhatian bersama sebagian besar orang-orang Arab. Bagi mereka, ketiga pilar itu penting untuk kehidupan manusia. 
Dalam semangat seperti itu, para pemikir muslim dan non-muslim bersama-sama mengadakan dialog secara bebas. Mereka tidak merasa khawatir untuk berlomba-lomba mengekspresikan secara bebas pemahaman mereka terhadap agama dan budaya di tengah-tengah masyarakat Arab. Berbagai wacana liberal silih berganti memenuhi tahun-tahun itu. Meski beberapa tokoh pemikir di antara mereka dikafirkan oleh tokoh-tokoh agama waktu itu, semangat kebebasan berpikir liberal tidak surut di antara mereka.
Era liberal seperti itu baru berakhir pada 1939. Selama rentang 1798 � 1939, era itu dihuni oleh tiga generasi pemikir. Generasi pertama muncul dan mewarnai pemikiran-pemikiran pada 1830 � 1870. Mereka berpikir untuk menjawab pertanyaan �Mengapa dunia Barat maju?� dan �Mengapa pula dunia Arab dan Islam mundur?�. Dari pertanyaan-pertanyaan itu, muncul beberapa pemikir yang mencoba memberi jawab. Di antara mereka yang terkenal adalah Rifa�ah Badawi Rafi� Ath-Thahthawi (1801 � 1873), Khairuddin Pasya At-Tunisi (1825 (?) � 1889), Faris Asy-Syidyaq (1804 � 1887) dan Butrus Al-Bustani (1819 � 1883).
Generasi kedua muncul pada rentang 1870 � 1900. Mereka mulai muncul dengan beberapa wacana yang lebih berani. Soal ketertinggalan Arab dan Islam dari Barat masih dibicarakan oleh generasi ini. Mereka juga memikirkan rasionalisme Barat yang perlu diterapkan dalam menjalankan Islam. Artinya, akal perlu dipakai untuk menafsirkan Al-Qur�an dan Hadits. Selain itu, wacana yang mulai muncul adalah masalah persamaan gender. Pada rentang waktu inilah, dibahas isu-isu emansipasi wanita di tengah-tengah masyarakat Arab pada umumnya dan masyarakat muslim secara khusus. Di antara pemikir-pemikir generasi kedua ini adalah Jamaluddin Al-Afghani (1839 � 1897), Muhammad Abduh (1848 � 1905), dan Qasim Amini (1865 � 1908).
Generasi ketiga merentang pada 1900 � 1939. Rentang ini adalah puncak era liberal di dunia Arab sekaligus menandai akhir era itu. Berbagai wacana liberal muncul dan dipikirkan. Namun, tema tentang kekhalifahan Islam (Apakah kekhalifahan Islam perlu bagi masyarakat Arab dan Islam?) adalah yang sering mendatangkan perdebatan sengit di antara mereka. Memasuki dasawarsa 1920-an, wacana mulai mengerucut menjadi wacana-wacana politis. Muncul isu-isu tentang nasionalisme, baik itu nasionalisme Arab, nasionalisme Turki atau bahkan nasionalisme Mesir. Keadaan ini kemudian diikuti wacana-wacana yang bersifat fundamental; mereka mulai meninggalkan upaya-upaya rasionalisasi dan modernisasi dalam beragama. Di antara tokoh-tokoh pemikir pada generasi ketiga adalah Muhammad Rasyid Ridha (1865 � 1935), Ali Abdurraziq (1888-1966), dan Thaha Husain (1889 � 1973).
Akhir generasi ketiga era liberal itu bukan berarti matinya pemikiran liberal dalam Islam selama-lamanya. Kemunculan gerakan Ikhwanul Muslimin, Hizbut Tahrir, Jamaah Takfir wal Hijrah, dan juga negara Israel adalah beberapa sebab signifikan yang mendorong kebangkitan kembali pemikiran liberal di dunia Arab dan terkhusus lagi di tengah-tengah kaum muslimin di dunia. Tampil dengan corak yang lebih baru, era liberal yang kedua dimulai ketika negara-negara Arab kalah dalam Perang Tujuh Hari melawan Israel pada 1967.
Yang jelas, setelah kekalahan itu, muncul tulisan-tulisan dengan semangat yang sama ketika era liberal pertama berlangsung. Di antara nama terkenal yang membawa semangat ini adalah Zaki Najib Mahmud, Najib Mahfouz, Nawal el Sadawi, Hassan Hanafi, Muhammad Arkoun, Adonis, Nashr Hamid Abu Zaid, dan Khalid Abul Fadhl. Pemikiran-pemikiran mereka menyebar ke negara-negara Islam seperti Indonesia. Tulisan-tulisan mereka dikaji dalam diskusi-diskusi, bahkan kadang kala beberapa pemikir itu pun diundang untuk berbicara langsung.
Di Indonesia sendiri, menurut Ulil Abshar Abdalla, tradisi liberal sebenarnya sudah ada di lingkungan Nahdlatul Ulama (NU). Sejak 1980-an, banyak isu-isu sensitif dalam Islam yang dipecahkan oleh NU dengan tidak biasa. Mulai dari Pancasila sebagai asas tunggal, bunga bank, bank konvensional, sampai ke isu insklusivisme Islam Indonesia. Wajar, jika citra NU sebagai organisasi Islam tradisionalis sudah lama, kiranya, harus ditinggalkan. Sejak 1970-an, mereka sudah dapat dikata mengisi posisi yang pernah ditempati Muhammadiyah dan Persatuan Islam (Persis) pada 1920-an dulu. Greg Burton, penulis biografi Gus Dur, malah yakin, posisi sebagai kelompok Islam konservatif sekarang ini justru dipegang oleh Muhammadiyah dan Persis. istilah Islam liberal sendiri muncul pertama kali waktu Greg Barton menyebut istilah itu dalam bukunya, Gagasan Islam Liberal di Indonesia. Islam liberal yang muncul dua tahun setelah itu, ternyata, mampu bertahan lama dan menjadi wadah diskusi yang aman antara mereka. Dari diskusi-diskusi yang terjadi, tergagaslah keinginan untuk membentuk suatu wadah yang bernama Jaringan Islam Liberal.
Seiring tahun-tahun yang berlalu, wadah yang dimaksud berkembang dan mendapat simpati dari banyak pihak di dalam dan luar negeri, baik dari kalangan muslim sendiri maupun kalangan non-muslim. Mereka memiliki kegiatan yang beragam. Diskusi-diskusi, penerjemahan dan penerbitan buku-buku. Mereka yang tergabung ke dalam Jaringan Islam Liberal pun banyak menuangkan pemikiran-pemikiran mereka ke berbagai media massa.
Meski Islam fundamentalis, yang pada masa Orde Baru sering disebut dengan kelompok ekstrem kanan, sudah ada sejak dulu, kemunculannya dua belas tahun belakangan ini memberi warna tersendiri dalam sejarah Islam di Indonesia

BAB III
PENUTUP
A. Simpulan
Konsep modernisasi dalam arti khusus yang di sepakati teoritisi modernisasi di tahun 1950-an dan tahun 1960-an, didefinisikan dalam tiga cara : historis, relatif, dan analisis yang pada intinya modernisasi adalah proses menuju kepada era yang lebih maju untuk mencapai standar kehidupan yang lebih baik. Arus modernisasi tentunya membawa berbagai paham ideologi. Salah satunya adalah ideologi liberal yang mengutamakan kebebasan dan mengutamakan hak setiap individu. Liberalisme di indonesia juga memengaruhi peradaban Islam di Indonesia. Salah satu bukti nyatanya adalah munculnya berbagai paham Islam fundamentalis di Indonesia. Munculnya Islam fundamentalis membawa dampak positif dan negatif. Salah satu dampak positif adalah keutamaan kebebasan dan hak individu namun memiliki dampak negatif yaitu lunturnya nilai-nilai toleransi, kegotong royongan maupun kekeluargaan. 
B. Saran 
Indonesia adalah negara dengan dominasi masyarakat muslimnya seharusnya mampu meminimalisir pengaruh liberal terhadap muslim sendiri agar tidak muncul paham islam radikal atau fundamentalis yang mampu menimbulkan perpecahan di Negeri ini. Jati diri Indonesia adalah pancasila bukan liberal.

DAFTAR PUSTAKA
szompka, piotr. 2002. Sosiologi prubahan sosial. Jakarta: prenada
Ishomuddin. 2002. Pengantar sosiologi agama. Jakarta Selatan: Ghalia Indonesia
Lev, daniel. 2002. Wajah Liberal Islam Di Indonesia. Jakarta: JIL



Thursday, June 11, 2015

Studio Tempat Lirik Lagu dan Translate Dear Future Husband - Meghan Trainor. Studio Musik

Terjemahan lirik lagu Dear Future Husband Meghan Trainor. Single bagus buat para pengantin baru dengan sejuta nikmat di laut asmara...haha.. Hmm dara cantik kelahiran 22 Desember 1993 di Nantucket, Masschusetts USA ini menyanyikan single bagus dengan nuansa bubble gum pop, blue eyed soul, dan doo wop. Dia adalah penyanyi dan sekaligus penulis lagu di album yang tertajuk "Title" yang rilis di tahun 2015. Oke sobat simak infomasi nya di bawah dan lanjut download single dan terjemahan liriknya.

lirikwesternindo, terjemahan lagu dear future husband
Meghan Trainor
Released17 Maret 2015
FormatDigital Download
Recorded2014; Carriage House Studios (Nolensville, Tennessee)
GenrePop, Doo - Wop
Length3.04
LabelEpic
PenulisMeghan Trainor, Kevin Kadish
ProducerKadish

Dear Future Husband
suami masa depanku yang tercinta

Here's a few things
inilah beberapa hal

You'll need to know if you wanna be
yang perlu kau tahu jika kau inginkan aku

My one and only all my life
yang menjadi satu-satunya dan jadi seluruh hidupku

(Awwwww)
Take me on a date
bawalah diriku kencan jalan-jalan

I deserve it, babe
aku pantas untuk itu, sayang

And don't forget the flowers every anniversary
dan jangan lupakan bunga disetiap ulang tahun

'Cause if you'll treat me right
karena jika kau perlakukan aku dengan baik

I'll be the perfect wife
aku menjadi istri yang sempurna

Buying groceries
membeli bunga-bunga

Buy-buying what you need
membeli semua yang kau butuhkan


You got that 9 to 5
kau mendapat 9 dari 5

But, baby, so do I
tapi, sayang, begitu juga diriku

So don't be thinking I'll be home and baking apple pies
jangan berpikiran aku akan di rumah dan membuat kue pie

I never learned to cook
aku tidak pernah belajar memasak

But I can write a hook
aku bisa menulis sesuatu yang menarik

Sing along with me
bernyanyilah bersamaku

Sing-sing along with me (hey)
bernyanyilah bersamaku

You gotta know how to treat me like a lady
kau harus tahu bagaimana caranya memperlakukan aku seperti gadis

Even when I'm acting crazy
walaupun aku bertingkah gila

Tell me everything's alright
katakan padaku semua akan baik-baik saja

(Awwwww)

Dear future husband,

Here's a few things you'll need to know if you wanna be

My one and only all my life

Dear future husband,

If you wanna get that special lovin'
jika kau ingin mendapatkan cinta yang spesial itu

Tell me I'm beautiful each and every night
katakan aku cantik setiap dan tiap malam

After every fight
disetiap sesudah pertengkaran

Just apologize
meminta maaflah

And maybe then I'll let you try and rock my body right
mungkin aku akan memaafkan dan membuat tubuhku lebih indah lagi

Even if I was wrong
dan jika aku salah

[Laugh] You know I'm never wrong
[tertawa] kau tahu aku tidak pernah salah


Why disagree?
kenapa, tidak setuju?

Why, why disagree?
kenapa, kenapa tidak setuju?

You gotta know how to treat me like a lady

Even when I'm acting crazy

Tell me everything's alright

Dear future husband,

Here's a few things
You'll need to know if you wanna be

My one and only all my life (hey, baby)

Dear future husband,

Make time for me
berikanlah aku waktumu

Don't leave me lonely
jangan tinggalkan aku kesepian

And know we'll never see your family more than mine
dan tahulah bahwa kita tidak akan melihat keluargamu lagi daripada keluargaku

I'll be sleeping on the left side of the bed (hey)
aku akan tidur disebelah kiri ranjang

Open doors for me and you might get some kisses
buka pintunya dan kau akan mendapat ciuman

Don't have a dirty mind
jangan berpikiran kotor

Just be a classy guy
jadilah seorang laki-laki berkelas

Buy me a ring
belikan aku cincin

Buy-buy me a ring, (babe)
belikan aku cincin, (sayang)


You gotta know how to treat me like a lady

Even when I'm acting crazy

Tell me everything's alright

Dear future husband,

Here's a few things

You'll need to know if you wanna be

My one and only all my life

Dear future husband,

If you wanna get that special loving

Tell me I'm beautiful each and every night

(That's right!)
(itu benar)

Oh-woah

Future husband, better love me right
suami masa depan tercinta, cintailah aku dengan benar

lirik bahasa inggris punya di:
http://www.azlyrics.com/lyrics/meghantrainor/dearfuturehusband.html

interpreting: theseizer

Wednesday, June 10, 2015

Studio Tempat Lirik Lagu dan 10 Diva Pop Terseksi Versi Ranker. Studio Musik

Sobat ! selamat datang kembali di lirikwesternindo, terjemahan lagu barat. Kali ini posting hot, yaitu penyanyi dan diva pop terseksi versi Ranker. Silahkan nikmati beritanya penyanyi dan diva pop paling seksi versi Ranker (tentunya ini adalah diva dan penyanyi barat bukan Indonesia). Silahkan Cekidot.
    1. Katy Perry

    Umur: 31 tahun
    Tepat lahir: Santa Barbara, California, United States of America
    Profesi: Businessperson, Musician, Singer-songwriter, Actor, Music artist + 2 more
    Sekolah: Dos Pueblos High School, Music Academy of the West
    Tinggi badan: 5'6" atau +- 170 cm.


    2. Shakira

    Umur: 38 tahun
    Tempat lahir: Barranquilla, Colombia
    Profesi: Record producer, Entrepreneur, Musician, Singer-songwriter, Model + 3 more
    Sekolah: University of California, Los Angeles
    Jurusan: History
    TinggiBadan: 5'1" atau -+ 155 cm
    Anak: Milan Piqu� Mebarak

    3. Christina Aguilera

    Umur: 38 tahun
    Tempat lahir: New York City, New York, United States of America
    Profesi: Record producer, Entrepreneur, Singer-songwriter, Film Producer, Actor + 5 more
    Sekolah: North Allegheny Intermediate High School, Marshall Middle School, Rochester Area El School
    TinggiBadan: 5'1" atau -+ 155 cm
    Anak-anak: Max Liron Bratman, Summer Rain Rutler

    4. Britney Spears

    Umur: 34 tahun
    Tempat lahir: McComb, Mississippi, United States of America
    Profesi: Fashion designer, Record producer, Businessperson, Songwriter, Television producer + 10 more
    Sekolah: Parklane Academy, Professional Performing Arts School
    TinggiBadan: 5'4" atau -+ 164 cm
    Anak-anak: Sean Federline, Jayden James Federline
    Keadaan Medis: Bulimia nervosa

    5. Beyonce Knowles

    Umur: 34 tahun
    Tempat lahir: Houston, Texas, United States of America
    Profesi: Record producer, Businessperson, Songwriter, Television producer, Musician + 5 more
    Sekolah: High School for the Performing and Visual Arts, Alief Elsik High School, St. Mary's Elementary School, Parker Elementary School
    TinggiBadan: 5'6" atau -+ 170 cm
    Anak: Blue Ivy Carter

    6. Jennifer Lopez

    Umur: 46 tahun
    Tempat lahir: Castle Hill, New York City, New York, United States of America
    Profesi: Film Score Composer, Fashion designer, Record producer, Businessperson, Songwriter + 13 more
    Sekolah: Preston High School, Baruch College School, Parker Elementary School
    TinggiBadan: 5'4" atau -+ 164 cm
    Anak: Emme Maribel Mu�iz, Maximilian David Mu�iz

    7. Cheryl Cole


    Umur: 32 tahun
    Tempat lahir: Newcastle upon Tyne, United Kingdom
    Profesi: Singer-songwriter, Model, Actor, Composer, Music artist + 5 more
    Sekolah: Walker Technology College, Royal Ballet School
    TinggiBadan: 5'2" atau -+ 158 cm

    8. Gwen Stefani

    Umur: 46 tahun
    Tempat lahir: Fullerton, California, United States of America
    Profesi: Fashion designer, Record producer, Singer-songwriter, Designer, Actor + 2 more
    Sekolah: Fullerton College, Loara High School, California State University, Fullerton
    TinggiBadan: 5'5" atau -+ 167 cm
    Anak - anak: Zuma Nesta Rock Rossdale, Kingston Rossdale, Apollo Bowie Flynn Rossdale

    9. Rihanna

    Umur: 27 tahun
    Tempat lahir: Saint Michael Parish, Barbados
    Profesi: Fashion designer, Songwriter, Actor, Music artist, Singer
    Sekolah: Combermere School
    TinggiBadan: 5'8" atau -+ 176 cm

    10. Avril Lavigne

    Umur: 31 tahun
    Tempat lahir: Belleville, Canada
    Profesi: Fashion designer, Record producer, Guitarist, Musician, Singer-songwriter + 3 more
    Sekolah: Napanee District Secondary School
    TinggiBadan: 5'1" atau -+ 155 cm.

    Oke Sobat itulah 10 list para diva pop terseksi versi Ranker. Kriteria dinilai dari talenta, bakat dan kharisma yang dimiliki para penyanyi yang tidak dapat di bantah dapat mempesona seluruh penggemarnya. Hehe namanya juga artis dan diva, tentu gunanya untuk dinikmati.

      Tuesday, June 9, 2015

      Studio Download dan Ide Kreatif Pembelajaran �Debat Berantai Untuk Menumbuhkan Sikap Kritis dan Minat Belajar Peserta Didik Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan�. Studio Musik

      DEBAT BERANTAI UNTUK MENUMBUHKAN SIKAP KRITIS DAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

      Oleh :

      Zaenul Stiyawan

      Prodi Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, 

      Universitas Negeri Semarang

      Email: zaenulstiyawan@gmail.com



      A. LATAR BELAKANG

      Pendidikan kewarganegaraan merupakan salah satu mata pelajaran wajib yang harus ada dan harus dilaksanakan sebagaimana telah diatur dalam UU No. 20 Tahun 2003. Bahkan lebih dari itu, pada kurikulum 2013 mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dibebankan menjadi tiga jam pelajaran untuk setiap minggu efektifnya. Di dalam pendidikan kewarganegaraan, seorang guru tidak hanya dituntut untuk meningkatkan intelegensi peserta didik namun juga dituntut untuk bisa membentuk karakter dan moral peserta didik. Namun, dalam kenyataanya, ketertarikan siswa dalam mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan dinilai kurang dibanding dengan mata pelajaran yang di ujikan dalam ujian nasional dengan alasan mata pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan dianggap kurang begitu penting bagi siswa dan tidak masuk dalam mata pelajaran ujian nasional. Ketertarikan peserta didik terhadap pendidikan kewarganegaraan memang dinilai sejumlah kalangan sangatlah memprihatinkan. Ataukah itu hanya sebuah ironi atau kewajaran semata. Pendidikan kewarganegaraan dianggap oleh peserta didik kurang menarik dan cenderung membosankan dimana pendidikan moral yang seharusnya dilakukan secara praktek namun kebanyakan hanya disampaikan secara teori saja dan bahkan hanya sebagai formalitas pengantar saja.

      Tingkat ketertarikan peserta didik yang sangat kurang tersebut memang dapat dikatakan sebagai ironi diatas ironi. Pendidikan kewarganegaraan sebagai salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah untuk membentuk karakter generasi muda menjadi cambuk yang membalikkan prediksi bahwa pendidikan Kewarganegaraan adalah mata pelajaran yang dapat dikategorikan mati suri. Dapat hidup dalam suatu masa saja, dan dapat tenggelam dengan sendirinya tanpa bersusah payah meninggalkannya ataupun menghapusnya. Bahkan dapat dikatakan pelaksanaan Pendidikan Kewarganegaraan hanyalah sebagai kiasan formalitas biasa tidak memikirkan apakah tujuan hakiki dari Pendidikan Kewarganegaraan tersebut dapat tercapai atau tidak. Hal tersebut menurut sejumlah kalangan disebabkan oleh tingkatan kreatifitas guru dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dinilai sangat monoton. Peserta didik cenderung pasif, hanya duduk, mendengarkan, mencatat, hingga akhirnya disuruh untuk mengisi lembar jawab pada lembar kerja siswa. Hal tersebut sangatlah hal yang membosankan bagi para peserta didik. Kejenuhan itu berlangsung terus menerus sehingga hakikat dari pembelajaran pendidikan kewarganegaraan tersebut urung tercapai.

      Pemecahan masalah yang menerapakan system kasuisme juga dinilai sangat kurang. Pemecahan masalah melalui metode kasuisme dimana merupakan usaha, cara, metode untuk menyelesaikan hal, perkara, soal etis dalam kasus-per kasus (A. Mangunharjana 1997:124). Seyogyanya metode ini merupakan metode yang paling efektif dan cocok dalam pembelajaran pendidikan Kewarganegaraan yang lebih cenderung sebagai pendidikan pembentukan karakter. Retorika pembelajaran dari Pendidikan Kewarganegaraan juga cenderung kurang berkembang. Seorang peserta didik akan mempelajari tentang materi yang sama pada jenjang sebelumnya yaitu di jenjang sekolah menengah pertama. Walaupun hal tersebut dinilai sebagai upaya untuk memperdalam materi, namun menurut peserta didik hal tersebut dinilai menjadi titik utama kejenuhan. Apalagi ditambah dengan tuntutan dari guru untuk bisa menghafalkan materi tersebut, namun tidak adal implementasi langsung dari apa yang mereka hafalkan tersebut. Pembelajaran yang semacam itu akan sulit untuk membantu peserta didik membuka cakrawala ilmu baik itu yang berkaitan dengan politik, hukum dan moral karakter.

      Setiap jenjang pendidikan pasti mempunyai rentang usia yang berbeda, dimana usia yang berbeda mempunyai daya pemahaman yang berbeda-beda. Sehingga sulit untuk disamakan dalam hal materi pembelajaran. Daya pemahaman seorang siswa sekolah menengah atas lebih mempunyai daya pemahaman yang sudah cukup matang, berbeda dengan siswa sekolah menengah pertama, dimana siswa tersebut akan mencerna pemahaman pembelajaran secara mentah-mentah tanpa berfikir secara mendalam dahulu. Apalagi dalam pendidikan Kewarganegaraan tidak hanya mengajarkan tentang daya pikir saja tetapi juga pembelajaran moral dan teladan. Untuk itulah penulis memiliki Ide kreatif yaitu �Debat Berantai Untuk Menumbuhkan Sikap Kritis Peserta Didik Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan� yang sekiranya mampu untuk merangsang keaktifan dan minat siswa dalam mata pembelajaran pendidikan kewarganegaraan.

      B. RUMUSAN MASALAH

      Berdasarkan latar belakang yang telah di sampaikan muncul rumusan masalah, di antaranya:

      1. Apa faktor-faktor yang mempengaruhi minat Siswa terhadap mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan?

      2. Bagaimana solusi untuk mengatasi kurangnya minat siswa dalam mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan?

      3. Bagaimana prosedur pelaksanaan debat berantai dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan?


      C. IDE KREATIF

      Thomas dan rohwer (Achmad Rifai 2012:116) menyebutkan beberapa prinsip efektif adalah Spesifikasi (spesification), Pembuatan (generativity), pemantauan (effective monitoring) kemujaraban personal (personal efficacy). Dari teori tersebut slavin menawarkan tiga strategi belajar yang di anggap effektif bagi siswa dalam menerima pembelajaran. Yaitu: a)membuat catatan; b) belajar kelompok; c) dengan metode P4QR. Ide kreatif penulis di dasari atas metode P4QR oleh slavin yaitu Preview, question, read, reflect on the material, recite, dan review. Dari prosedur yang telah di tawarkan oleh slavin, akan tercakup menjadi satu kesatuan dalam ide kreatif penulis yaitu dengan metode �Debat berantai� yang dianggap mampu menstimulus, mempermudah pemahaman siswa dalam pembelajaran, dan sekaligus mampu meningkatkan minat pembelajaran dalam mata pelajaran PKn. Debat berantai akan merangsang minat siswa untuk membaca, memahami materi, dan menuangkan pemahan dari materi yang dipelajarinya melalui argumen-argumen. Selain itu, metode debat berantai ini dianggap mampu menarik ketertarikan siswa dalam pembelajaran karena, setiap manusia pasti memilki kecenderungan untuk menunjukkan diri bahwa dia yang ter-�baik�. Artinya, dengan metode debat berantai ini siswa akan memiliki ruang untuk kritis dalam berpikir, berargumen serta menunjukkan diri bahwa dia atau kelompoknyalah yang lebih unggul. Dengan adanya motivasi untuk menjadi yang terbaik dalam debat berantai ketika didalam kelas, maka minat untuk memahami materi siswa akan meningkat. Untuk itulah metode ini dianggap mampu mengoptimalkan pemahan siswa serta mampu menumbuhkan sikap kritis siswa dalam pelajaran PKn.



      D. TEORI PEMBELAJARAN EFEKTIF

      Berkaitan mengenai metode pembelajaran, menurut Ahcmad Rifa�I RC dan Chatarina Tri Anni dalam bukunya �Psikologi Pendidikan� pembelajaran harus mengacu kedalam tiga teori pembelajaran yang harus dipenuhi agar dapat membantu tercapainya tujuan pembelajaran itu sendiri;

      a. Teori Belajar Behaviotistik

      Belajar merupakan proses perubahan perilaku. Perubahan perilaku yang dimaksud dapat berwujud perilaku yang tampak (overt behavior) atau perilaku yang tidak tampak (innert behavior). Perilaku yang tampak seperti menulis, menggambar sedangkan perilaku yang tidak tampak seperti berfikir, bernalar, dan berkhayal. Proses belajar pada diri individu dapat terjadi dengan berbagai cara. Kadang-kadang proses belajar tersebut dilakukan secara sengaja, sebagaimana ketika peserta didik memperoleh informasi yang disajikan oleh guru di dalam kelas, atau ketika individu membaca berbagai istilah di dalam buku. Kadang-kadang proses belajar itu juga dilakukan secara tidak sengaja, sebagaimana reaksi anak ketika melihat jarum suntik. Namun demikian aktivitas belajar manusia akan berlangsung terus menerus sepanjang waktu.

      b. Teori Belajar Kognitif

      Psikologi kognitif menyatakan bahwa perilaku manusia tidak ditentukan oleh stimulus yang berada di luar dirinya, melainkan oleh faktor yang ada pada dirinya sendiri. Faktor-faktor internal tersebut berupa kemampuan atau potensi yang berfungsi untuk mengenal dunia luar, dan dengan pengenalan itu manusia mampu memberikan respon terhadap stimulus. Berdasarkan hal tersebut, psikologi kognitif memandang belajar sebagai proses pemfungsian unsur-unsur kognisi, terutama unsur pikiran, untuk dapat mengenal dan memahami stimulus dari luar. Dengan kata lain, aktivitas belajar dalam diri manusia ditekankan pada proses internal dalam berfikir, yakni proses pengolahan informasi.

      c. Teori belajar Humanistik

      Hasil belajar dalam pandangan humanistic adalah kemampuan peserta didik mengambil tanggung jawab dalam menentukan apa yang dipelajari dan menjadi individu yang mampu mengarahkan diri sendiri (self-directing) dan mandiri (independent). Di samping itu pendekatan humanistic memandang pentingnya penekatanan pendidikan di bidang kreativitas, minat terhadap seni, dan hasrat ingin tahu. Oleh karena itu pendekatan humanistic kurang menekankan pada kurikulum standar, perencanaan pembelajaran, ujian, sertifikasi pendidik, dan kewajiban hadir di sekolah. Prinsip-prinsip dalam teori belajar humanistic adalah dua arah (Self-Direction), Belajar tentang cara-cara belajar (learning how to learn), evaluasi diri (Self-evaluation), Pentingnya perasaan (Importing of Feelings), bebas dari ancaman (Freedom of Threat).

      Namun di sini penulis lebih cenderung menggunakan metode Humanistik, mengingat dalam debat berantai siswa akan merasa dirinya bebas berargumen namun tetap mengikuti sistem yang ada. Artinya belajar mengenai bagaimana menghargai pendapat orang lain untuk menjaga perasaan orang lain juga ada. Namun selain teori yang dijelaskan di atas, penulis menggunakan dasar yang paling dominan dan mendasari metode debat berantai ini adalah teori PQ4R.

      Robinson (Achmad Rifa�i 2012:117) mengemukakan prosedur yang digunakan dalam metode ini adalah :

      • Preview, mensurvai atau membaca dengan cepat materi yang di baca untuk memperoleh gagasan utama dari pengorganisasian materi dan topik serta sub-topik. 
      • Question, membuat pertanyaan terhadap diri sendiri mengenai materi yang akan dibaca. Namun dalam pelaksanaan metode deba, pertanyaan yang dibuat adalah untuk teman belajar.
      • Read . membaca materi.
      • Reflect on the material, memahami dan membuat kebermaknaan informasi yang disajikan dengan cara: a) menguhubnugkan materi yang sudah dibaca dengan pengetahuan yang telah dimiliki; b) menghubungkan sub-topik di dalam bacaan dengan konsep atau prinsip yang penting; c) memecahkan materi yang kontradiktif; d) gunakan materi untuk memecahkan masalah yang disarankan oleh materi bacaan
      • Recite, praktik mengingat informasi dengan cara menyatakan secara lisan terhadap hal-hal penting, ajukan pertanyaan dan jawab sendiri.
      • Review, review secara aktif atas materi yang telah dipelajari, fokuskan pada pertanyaan yang telah dirumuskan dan baca kembali materi yang mendukung jawaban atas pertanyaan yang telah dirumuskan sendiri.

      Penulis mendasarkan metodenya dari PQ4R karena menganggap bahwa metode ini sinkron dengan �Metode Debat Berantai� , dan akan terintegrasi di dalamn metode tersebut dan dirasa lebih efektif serta tidak membosankan.


      1. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan.

      Setidak-tidaknya terdapat enam factor yang memiliki dampak substansial terhadap motivasi belajar perserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.

      • Sikap merupakan kombinasi dari konsep dan informasi yang didapat oleh peserta didik, dan emosi yang dihasilkan didlam predisposisi untuk merespon orang, kelompok, gagasan, periswtiwa, atau obejek tertentu secara menyenangkan atau tidak menyenangkan. Misalnya dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, seorang peserta didik menceritakan pada teman lainnya bahwa guru yang mengampu PKn itu bersifat sombong dan galak. Sehingga peserta didik yang diberi tahu tersebut akan merasa cemas dan tidak tenang dalam proses pembelajaran tersebut.
      • Kebutuhan, merupakan kondisi yang dialami oleh individu sebagai kekuatan internal akan sesuatu. Semua orang merasakan kebutuhan yang tidak pernah berakhir. Kebutuhan mana yang dialami oleh peserta didik sekarng ini akan bergantung pada sejarah belajar individu, situasi sekarang, dan kebutuhan terakhir yang dipenuhi. Beberapa kebutuhan tampak lebih dominan dan berkesinambungan, sementara kebutuhan lainnya kurang dapat diprediksikan. Tidak ada teori psikologi yang mampu merumuskan daftar kebutuhan yang dapat diterima oleh teori psikologi. Kebanyakan kebutuhan betindak sebagai kekuatan internal yang mendorong seseorang untuk mencapai tujuan. Semakin kuat seseorang merasakan kebutuhan, semakin besar peluangnya untuk mengatasi perasaan yang menekankan di dalam memenuhi kebutuhannya.
      • Rangsangan, secara langsung membantu memenuhi kebutuhan belajar peserta didik. Apabila peserta didik tidak memperhatikan pembelajran, maka sedikit sekali belajar akan terjadi pada diri peserta didik tersebut.Setiap peserta didik memiliki keingianan untuk mempelajari materi pembelajaran. Namun apabila mereka tidak menermukan proses pembelajaran yang merangsang maka perhatiannya akan menurun. Pembelajaran yang tidak merangsang mengakibatkan peserta didik yang pada mulanya termotivasi untuk belajar pada akhirnya menjadi bosan terlibat dalam pembelajaran.
      • Afeksi, konsep berkaitan dengan pengalaman emosional kecemasan, kepedulian, dan pemilikan dari individu atau kelompok atau kelompok pada waktu belajar. Tidak ada kegiatan belajar yang terjadi di dalam kevakuman emosional. Perserta didik merasakan sesuatu saat belajar, dan emosi peserta didik tersebut dapat memotivasinya perilakunya kepada tujuan. Beberapa pakar psikologi menyatakan bahw emosi merupakan penggerak utama perilaku, dan banyak pakar psikologi menerima gagasan bahwa pikiran dan perasaan itu berinteraksi dan juga memandu pada perubahan waktu.
      • Kompetensi, apabila peserta didik mengetahui bahwa dia merasa mampu terhadap apa yang telah dipelajari, dia akan merasa percaya diri. Hal ini dating dari kesadara peserta didik bahwa dia secara intensional telah menguasai apa yang telah dipelajari berdasarkan pada kemampuan dan usahanya sendiri.Hubungan antara kompetensi dan kepercayaan diri adalah saling melengkapi. Kompetensi memberikan peluang pada kepercayaan diri untuk berkembang, dan memberikan dukungan emosional terhadap usaha tertentu dalam menguasai keterampilan dan pengetahuan baru. Perolehan kompeten dari belajar baru itu selanjutnya menunjang kepercayaan diri, yang selanjutnya dapat menjadi factor pendukung dan motivasi belajar yang lebih luas.
      • Penguatan, terdiri atas penguat positif dan penguat negative. Penguatan positif menggambarkan konsekuensi atas peristiwa itu sendiri. Peserta didik dalam belajar akan disertai dengan usaha yang lebih besar dan belajar lebih efektif apabila perilaku belajarnya diperkuat secara positif oleh pendidik. Penguat negative merupakan stimulus aversif ataupun peristiwa yang harus diganti atau dikurangi intensitasnya. Contohnya seorang guru mata pelajaran PKn harus memberikan dorngan yang positif tentang cara belajar siswanya.

      E. PROSEDUR PELAKSANAAN DEBAT BERANTAI

      Menurut Wikipedia, Debat merupakan kegiatan adu argumentasi antara dua pihak atau lebih, baik secara perorangan maupun kelompok, dalam mendiskusikan dan memutuskan masalah dan perbedaan. Secara formal, debat banyak dilakukan dalam institusi legislatif seperti parlemen, terutama di negara-negara yang menggunakan sistem oposisi. Dalam hal ini, debat dilakukan menuruti aturan-aturan yang jelas dan hasil dari debat dapat dihasilkan melalui voting atau keputusan juri.

      Debat akademik yaitu adu argumentasi mengenai analisis akademik menggunakan berbagai macam sudut pandang. Metode ini sangat cocok untuk diterapkan dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.

      Di dalam metode debat, terdiri atas berbagai macam unsur dalam pelaksanaannya,

      • Berlatih bekerja sama, metode belajar dimana siswa bekerja berpasangan dan secara lisan mengikhtisarkan bagian-bagian dari materi yang dipelajari.
      • Pembelajaran berfokus pada masalah, memusatkan pada masalah kehidupannya yang bermakna bagi siswa, peran guru menyajikan masalah, mengajukan pertanyaan dan memfasilitasi penyelidikan dan dialog.
      • Metode role playing, suatu cara penguasaan bahan-bahan pelajaran melalui pengembangan imajinasi dan penghayatan siswa. Pengembangan imajinasi dan penghayatan dilakukan siswa dengan memerankannya sebagai tokoh hidup atau benda mati. Permainan ini pada umumnya dilakukan lebih dari satu orang, hal itu bergantung kepada apa yang diperankan

      Pelaksanaan metode debat berantai


      • Guru menerangkan secara singkat, substansi dan intisari beserta tujuan materi pembelajaran sesuai dengan rencan program pembelajaran.
      • Guru membagi kelompok kecil dari satu kelas, dimana setiap kelompok mempunyai coordinator kelompok.
      • Guru membagi beberapa kelompok menjadi kelompok pro dan kontra.
      • Pelaksanaan debat, guru sebagai panelis penengah.
      • Dalam waktu yang telah ditentukan, setiap anggota kelompok maju satu per satu beradu argumen dengan kelompok lainnya.
      • Dengan metode semacam itu semua anggota kelompok dituntut untuk menguasai materi pembelajaran.


      Skema Pelaksanaan Debat berantai



      Kelebihan metode ini;
      • Siswa bebas mengambil keputusan dan berekspresi secara utuh.
      • Permainan merupakan penemuan yang mudah dan dapat digunakan dalam situasi dan waktu yang berbeda.
      • Guru dapat mengevaluasi pemahaman tiap siswa melalui pengamatan pada waktu melakukan permainan.
      •  Permainan merupakan pengalaman belajar yang menyenangkan bagi anak.
      • Siswa akan lebih mendalami materi yang disampaiakan, karena seperti diketahui materi pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan memerlukan pemahaman yang ekstra

      Kelemahan metode ini adalah :

      • Membutuhkan waktu yang cukup banyak,
      • Waktu pengumpulan data yang valid cukup menyita waktu

      F. SIMPULAN

      Pendidikan Kewarganegaraan merupakan mata pelajaran yang berada disekolah yang mempunyai tujuan bukan hanya untuk meningkatkan intelegensia peserta didik namun juga bertujuan untuk membentuk dan membina generasi muda yang mempunyai karakter dan pribadi yang baik serta mempunyai rasa cinta tanah air yang tinggi. Namun, kurangnya minat peserta pendidik dalam mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan merupakan hambatan bagi guru dalam membentuk karakter siswa. Untuk itu perlu diperlukan suatu metode pembelajaran yang cocok agar para peserta didik dapat tertarik dan mampu menyerap materi pembelajaran yang disediakan. Salah satu metode yang paling tepat untuk digunakan ialah metode debat berantai.dengan prosedur pelaksanaan yang tepat maka metode ini di anggap efektif untuk meningkatkan



      Daftar Pustaka

      Daroeso, Bambang. 1989. Dasar dan Konsep Pendidikan Moral Pancasila. Semarang: Aneka Ilmu

      Mangunhardjana, A. 1997. Isme-Isme Dalam Etika dari A sampai Z. Yogyakarta: Kanisius

      Munib, Achmad. 2012. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang : UPT UNNES Press

      RC, Achmad Rifai dan Anni, Chatarina Tri. 2012. Psikologi Pendidikan. Semarang : UPT UNNES Press

      Haryono. 2009. Model-Model Pembelajaran http://haryono.10182.wordpress.com/tag/metode-debat/ (Diakses pada tanggal 29 september 2014)

      Wikipedia. http://id.wikipedia.org/wiki/Debat